PERTEMUAN 1 :
PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA
1.
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama
yang harus dilakukan adalah :
a.
Membuat program
b.
Membeli komputer
c.
Membuat algoritma
d.
Proses
e.
Mempelajari program
2.
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk
menyelesaikan sebuah masalah disebut :
a.
Proses
b.
Prosesor
c.
Program
d.
Algoritma
e.
Step
3.
Pseudocode yang digunakan pada penulisan
algoritma dapat berupa :
a.
Bahasa Inggris
b.
Bahasa Puitis
c.
Bahasa Pemrograman
d.
Bahasa Asing
e.
Sembarang bahasa asal terstruktur
4.
Pada pembuatan program komputer, algoritma
dibuat :
a.
Sebelum pembuatan program
b.
Pada saat program dibuat
c.
Sesudah pembuatan program
d.
Pada saat verifikasi program
e.
Saat program di eksekusi
5.
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah
:
a.
Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program –
Eksekusi – Hasil
b.
Masalah – Algoritma – Flowchart – Program –
Eksekusi – Hasil
c.
Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d.
Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi
– Hasil
e.
Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
PERTEMUAN 2 : KONSEP
ALGORITMA
1.
Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q
berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa
hanya sebuah kantong dan dikatakan BUKAN Kantong P yang terbawa, maka jumlah
kelereng yang terbawa adalah :
a.
10
b.
15
c.
10 atau 15
d.
10 dan 15
e.
Kosong
2.
Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka
jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau
maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :
a.
Merah
b.
Ungu
c.
Hijau
d.
Putih
e.
Abu-abu
3.
Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P = nilai
Q, dan nilai Q menjadi :
a.
Menjadi sembarang nilai
b.
Menjadi hampa
c.
Q tetap
d.
Menjadi 0
e.
P tetap
4.
Apabila a = 5, b = 10, maka jika diberikan
instruksi a = b; b = a akan mengakibatkan :
a.
a = 0 , b = 5
b.
a = 10 , b = 5
c.
a = 10 , b = 0
d.
a = b
e.
a = 10 , b = 10
5.
Diberikan algoritma P = 10; P = P + 5; Q = P.
Nilai P dan Q masing – masing adalah :
a.
15 dan 0
b.
0 dan 15
c.
15 dan 15
d.
0 dan 10
e.
10 dan 15
PERTEMUAN 3 : KONSEP
TIPE DATA
1.
Tipe data yang hanya mengenal kondisi True atau
False pada bahasa pemrograman C++ adalah :
a.
String
b.
Bool
c.
Int
d.
Char
e.
Long int
2.
Dalam bahasa C++ terdapat suatu tipe data yang
nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal, yaitu :
a.
Float
b.
Bool
c.
Int
d.
Char
e.
Long int
3.
Program C++ dirancang pertama kali oleh :
a.
Al Khawarizmi
b.
Blaise Pascal
c.
Prof. Niklaus Wirth
d.
Dennis Ritchie
e.
Al Khalamizni
4.
Tipe data yang digunakan untuk menampung sebuah
karakter adalah :
a.
String
b.
Int
c.
Char
d.
Bool
e.
Long int
5.
Pada tipe data Bool, berlaku operator – operator
:
a.
IF
b.
AND, OR, NOT
c.
True, False
d.
CASE
e.
Number
PERTEMUAN 4 : DIAGRAM
ALUR (FLOWCHART)
1.
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan
akhir suatu proses adalah ...
a.
Terminal
b.
Preparation
c.
Decision
d.
Input
e.
Output
2.
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah),
pada pembuatan flowchart menggunakan simbol ...
3.
Simbol Flowchart yang digunakan untuk penghubung
dalam satu halaman yang sama adalah ...
4.
Urutan instruksi-instruksi atau langkah-langkah
yang menggunakan bahasa awam disebut :
a.
Algoritma
b.
Pseudocode
c.
Prosedur
d.
Flowchart
e.
Program
5.
Simbol flowchart yang dapat digunakan untuk
mencetak keluaran adalah ...
PERTEMUAN 5 :
STRUKTUR LOOPING
1.
Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan
(looping) adalah :
a.
For
b.
Do ... While
c.
While
d.
If
e.
Else
2.
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja
disebut ...
a.
Branching
b.
Looping
c.
Rekursif
d.
Iteratif
e.
Searching
3.
Diberikan penggalan algoritma :
while (x>7)
x - -;
cout<<x;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan berturut-turut adalah ...
a.
9, 8, 7
b. 9, 8 c.
9 d. 8, 7
e. 8
4. Diberikan
penggalan algoritma :
do
cout<<x; x - -;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan berturut-turut adalah ...
a.
9, 8, 7, 6
b. 9, 8, 7 c.
9 d. 8, 7
e. 7
5.
Diberikan penggalan algoritma :
do
x- -; cout<<x;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai
yang ditampilkan berturut-turut adalah ...
a.
9, 8 , 7
b. 9, 8 c.
8 d. 8, 7
e. 9
PERTEMUAN 6 :
STRUKTUR REKURSIF
1.
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari
contoh proses :
a.
Iteratif
b.
Transitif
c.
Rekursif
d.
Branching
e.
Sorting
2.
Suatu proses yang memanggil dirinya sendiri,
disebut proses :
a.
Iteratif
b.
Transitif
c.
Rekursif
d.
Branching
e.
Searching
3.
Rekursif adalah :
a.
Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b.
Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c.
Suatu proses yang dipanggil melalui suatu
prosedur
d.
Suatu prosedur looping
e.
Suatu proses searching
4.
Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N
buah piringan ke menara tujuannya adalah :
a.
2n+1
b.
2n–1
c.
2n+1
d.
2n-1
e.
2n
5.
Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan
banyaknya piringan yaitu 6 buah, maka diperlukan pemindahan sebanyak :
a.
19 kali
b.
63 kali
c.
31 kali
d.
32 kali
e.
33 kali
0 komentar:
Terima Kasih Sudah Membaca.
Silahkan jika ingin berkomentar. Berkomentarlah dengan baik.